Selasa, 16 Juni 2015

Desain Game 3 Keseimbangan

        Game yang akan kami rancang memiliki beberapa nilai keseimbangan. Keseimbangan pertama adalah dari segi tingkat kesulitan yang akan dihadapi disetiap game. Di level pertama, rintangan masih tersedia sedikit dan masih mudah di lewati. Seiring dengan meningkatnya level permainan, maka rintangan yang harus dilewati juga sedikit demi sedikit mulai banyak dan susah dihadapi. Selain itu, kecepatan lari karakter juga sedikit meningkat di level yang lebih tinggi. Tentu saja hal itu akan menjadi sedikit lebih menantang seiring semakin jauhnya pencapaian pada permainan.

     Beberapa item special yang bisa dikumpulkan dalam permainan tentunya memiliki peluang tersendiri dalam mencapainya. Hal itu disebabkan karena dalam satu level, tidak ada yang namanya checkpoint. Jadi pemain harus se jeli mungkin melihat dimana posisi dari item special yang ada didalam game. Tentunya, item special itu tidak mudah untuk raih. Ada trik atau taktik tertentu untuk meraihnya. Apakah dari segi kapan timing melompat yang tepat, apakah pemain harus menyusuri tempat yang susah dijangkau, dan yang lain-lain.

   Jalannya gameplay, yang ingin direncanakan yaitu terdapat beberapa level yang semakin lama permainannya semakin meningkat tingkat sulitannya. Jumlah level dalam permainan ini tidak terlalu banyak, namun tidak pula terlalu lama waktu yang harus diselesaikan. Kemungkinan ada tiga atau empat dunia yang masing-masing terdiri atas empat level di masin-masing dunia.

     Hadiah, seperti yang telah dikatakan sebelumnya. Pertama dari segi apakah pemain mampu mengumpulkan semua item yang wajib diambil, maka akan diberikan nilai layaknya seperti angry bird. Yaitu ketika ia mampu mengambil hampir 87% item yang ada, maka ia diberi nilai tiga bintang yang artinya excellent. Apabila ia bisa mengumpulkan item minimal 50% atau kurang dari 87% , maka ia dapat dua bintang yang artinya good. Apa bila ia mengumpulkan item kurang dari 50%, maka ia hanya dapat satu bintang yang artinya not bad. Hadiah ini akan menjadi ketentuan untuk membuka dunia baru, yaitu dunia baru akan terbuka jika semua level sebelumnya sudah memenuhi setidaknya dua bintang pada setiap levelnya.

    Selain hadiah yang diatas, item special akan disebar ditempat yang berbeda-beda dalam gamenya. Jika pemain berhasil mengumpulkannya, maka ia akan dapat membuka something special di menu extra.

       Hukuman yaitu apabila pemain jatuh dari platform, maka game over pada level itu dan ia harus mengulang dari awal. Namun jika hanya sebatas menginjak rintangan berduri, maka ia akan kehilangan satu hit point. Jika hitpoin habis, maka game over dan pemain harus mengulang dari awal level tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar